Niat, Kehendak dan Kata


Mengenai niat ini ada satu hadis populer yang pada intinya menekankan arti penting niat bagi satu kegiatan atau amal, amal apapun. Tetapi apakah sebenarnya makna niat di balik ungkapan hadis itu. ‘Tesis sementara’ penulis:  untuk memaknai hadis Nabi yang agung itu secara tepat diperlukan kemampuan memaknai kata niat secara tepat pula.

Pada mulanya penulis memahami niat sebagai ‘keinginan batini’. Pemahaman ini secara bertahap mengalami sejumlah ‘revisi’. Revisi terakhir, penulis memahami niat yang berasal dari Bahasa Arab itu bagi penulis sepadan dengan kehendak atau the will dalam Bahas Inggris.

Lalu apa hubungannya dengan kata? Penulis sampai pada kesimpulan sementara bahwa kata, agar ‘bertuah’, mestinya merupakan pewujudan dalam bentuk ujaran dari kehendak atau intensionalitas keseluruhan diri yang mengucapkan’. Bagi yang berminat membaca artikel lengkap silakan klik: Niat-Kehendak-Kata

3 thoughts on “Niat, Kehendak dan Kata

  1. Niat merupakan sesuatu pendorong.

    Dalam ilmu fisika.
    W = F.S (Usaha=Gaya. Jarak).

    Dalam psikologi.
    Usaha=Niat x, yang dilaksanakan.

    Niat menjadi titik nol (diperlukan energi/gaya), ketika tidak bergerak dari titik nol (tidak ada jarak), maka belum dapat dikatakan melakukan usaha (hasilnya pun akan nol/dalam sholat menjadi sia-sia).

    Dalam Sholat, ketika diawali dengan niat yang menjadi titik nol, (diawali dengan prosesi lain seperti wudhu, bersih dari hadats, berpakaian yang rapih dst) ketika niat itu direalisasikan dalam bentuk gerakan (simbol) dan lafadz. maka dapat disebutkan telah bergerak dari titik nol.

    Ketika Gaya (niat) semakin besar, maka harapannya adalah jaraknya (hasil) akan semakin jauh (semakin baik). Dan hal ini dikatakan sudah melakukan usaha.

    Semoga semakin variatif tulisannya.
    Mantap

    Salam
    Insya Allah

  2. wah ternyata, niat, yang merupakan hal yg paling sederhana dalam keseharian kita,, gag begitu mudah memahami kata niat tsb dg tepat ya! perlu pemikiran yg ckup dlam dlam n dlam uy!

    meski sederhana, tapi sebuah niat memiliki arti yang luar biasa. niat sepadan dengan kehendak, yang merupakan sebuah ungkapan yg mencerminkan keseluruhan diri kita. wujud dari keinginan terdalam kita, kondisi emosional kita,
    jiwa kita, anfus kita,
    saluttt dahhh!!
    top abiss!!!
    tesis yg i.Allah berguna bet!
    ahhaaayy ,,…

  3. Berjuta saraf yg ada di dalam otak manusia. Disisi lain di tubuh manusia ada hati dan nafsu yg saling berebut pengaruh. Jadi tidak salah hadits menganjurkan segala perbuatan harus didahului dgn niat. Niat ibarat program yg hrs kt install dulu jika ingin menjalankannya. Awalnya pasti ada kesulitan dlm menjalankan program tersebut, tapi apabila kita latihan terus akan menjadi lancar. Begitu juga jika melakukan sesuatu perbuatan. niatkan dulu dan jalankan secara istiqamah. Wallahualam
    Salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s