Renungan Puasa (5): Idul Fitri


Hari ini (23/5/20) adalah hari terakhir Umat Islam Sejagat melaksanakan Ibadah Puasa, besok Hari Lebaran, Lebaran Idul Fitri. Ada kedalaman dalam istilah Idul Fitri dan tulisan ini mencoba mengulas secara sekilas.

Memaknai Ulang Kata Fitrah

Secara kebahasaan, istilah Idul Fitri berarti “kembali ke fitrah”. Kata fitrah kira-kira setara dengan kata suci, asli, murni, atau otentik. Dengan demikian, istilah Idul Fitri dapat diartikan sebagai kembali menjalani kehidupan otentik tanpa dibuat-buat. Artinya, selama ini kita menjalani kehidupan yang tidak otentik. Demikianlah karena kita hidup sebagai person.

Dalam peradaban Romawi Kuno kata person persona (Latin) or prosopon (πρόσωπον; Greek)” digunakan untuk merujuk pada kata topeng, topeng yang digunakan aktor ketika bermain di atas panggung sandiwara. Topeng yang berbeda mewakili “personae” yang berbeda. Jika topeng itu dilepas maka tidak relevan lagi istilah penguasa-rakyat atau tuan-budak. Maksudnya, sekalipun diperlukan, pasangan-kontras itu perlu dimaknai sebagai perbedaan peran yang bersifat situasional tetapi tetap dalam hubungan horizontal antar sesama. Pemaknaan ini sejalan dengan semangat kesetaraan harkat manusiawi, semangat kerja-sama tanpa paksa atau eksploitasi.

Bacaan sejumlah ayat Al-Quran mengindikasikan bahwa istilah Idul Fitri dalam pengertian di atas mengisyaratkan beberapa fundamenta ajaran Islam: (a) manusia pada dasarnya suci, (b) Puasa atau ibadah lain memungkinkan penyucian dilakukan sendiri, dan (3) terkait dengan butir b, pertanggungjawaban keagamaan bersifat individual (lihat, misalnya, QS 19:95).

Takbir dan Sejarah Luar Biasa

Yang khas dalam Idul Fitri adalah kumandang takbir: Allahu Akbar yang artinya Allah Maha Besar. Para Ulama sepakat menambah dzikir dalam takbir adalah suatu kebaikan. Atas dasar ini Imam Syafii menggunakan lafal takbir sebagai berikut:

اللهُ اكبَرْ كبيْرًا والحَمدُ للهِ كثِيرًا وَسُبحَانَ اللهِ بُكرَةً واَصِيلا، لااله اِلااللهُ ولانعْبدُ الاإيّاه، مُخلِصِينَ لَه الدّ يْن، وَلَو كَرِهَ الكَا فِرُون، وَلَو كرِهَ المُنَافِقوْن، وَلَوكرِهَ المُشْرِكوْن، لاالهَ اِلا اللهَ وَحدَه، صَدَق ُوَعْدَه، وَنَصَرَ عبْدَه، وَأعَزّجُندَهُ وَهَزَمَ الاحْزَابَ وَاحْدَه، لاالٰهَ اِلاالله وَاللهُ اَكبر

Allâhu akbar kabîran wal hamdu lillâhi katsîra wa subhânallâhi bukratan wa ashîla, lâ ilâha illallâhu wa lâ na’budu illâ iyyâh, mukhlishîna lahuddîna wa law karihal kâfirun, lâ ilâha illallâhu wahdahu shadaqa wa’dahu wa nashara ‘abdahu wa hazama al-ahzâba wahdahu, lâ ilâha illallâhu wallâhu akbar”

“Allah Maha Besar dengan segala kebesaran, segala puji bagi Allah dengan sebanyak-sebanyak puji, dan Maha suci Allah sepanjang pagi dan sore, tiada Tuhan(yang wajib disembah) kecuali Allah dan kami tidak menyembah selain kepada-Nya, dengan memurnikan agama Islam, meskipun orang-orang kafir, orang-orang munafik, orang-orang musyrik membencinya. Tiada Tuhan (yang wajib disembah) kecuali Allah dengan ke-Esa-an-Nya, Dia Dzat yang menepati janji, Dzat yang menolong hambaNya dan memuliakan bala tentaraNya dan menyiksa musuh dengan ke Esa anNya. tiada Tuhan (yang wajib disembah) kecuali Allah dan Allah Maha Besar.”

Menurut catatan sejarah, lafal yang di garis-bawahi dikumandangkan oleh pasukan Nabi SAW menaklukkan Mekah dari genggaman pasukan Musyrikin-Mekah tanpa pertumbuhan darah. Ini sejarah, sejarah yang dapat dikatakan luar biasa mengingat dua hal: (1) pengalaman pihak penakluk mengenai kekejaman luar biasa pasukan Kaum Musyrikin dalam peperangan sebelumnya, dan (2) tradisi “balas-dendam” merupakan norma umum pada era sekitar abad ke-7M, apalagi bagi masyarakat jahiliyah Arab.

Penaklukan Mekah dan Revolusi Perancis

Sejarah penaklukan Mekah dan Revolusi Prancis adalah sejarah kemenangan. Yang terakhir ini bahkan diklaim secara luas sebagai simbol kemenangan kemanusian era modern. Yang jarang disadari adalah perbedaan mencolok antara keduanya. Jika penaklukan Mekah tanpa pertumbuhan darah, maka revolusi Perancis bersimpuh darah dalam arti harfiah. Terkait yang terakhir ini, dua fakta sejarah berikut layak disimak

  • Revolusi Prancis diikuti oleh kekacauan sosial yang menimbulkan apa yang dikenal sebagai Great Fear (la Grande peur). Majelis Konstituen Nasional di Prancis, pada 4/8/1789, menandatangani penghapusan orde kerajaan yang oleh sejarawan George Lefebvre sebagai “sertifikat kematian orde lama” (death certificate of the old order)”
  • Revolusi Prancis diikuti gerakan radikal yang tidak masuk akal: (a) menyatakan perang terhadap Austria dan Prusia yang dipercayai, (b) para ekstrimis yang dipimpin Jacobins menyerang istana, menahan raja (10/8/1792), menuduhnya penghianat negara (21/1/1793), serta mengeksekusi permaisuri Marie-Antionetter ke tiang guletin , dan (3) Revolusi Perancis berakhir dengan munculnya rezim Napoleon yang membawa jenis kekacauan baru bagi masyarakat Eropa.

Mengenai Great Fear, History mengemukakan ini: “Did you know? Over 17,000 people were officially tried and executed during the Reig of Terror, and unknown number of others dies in prison or without trial”.

*****

Demikian makna Idul Fitri secara kebahasaan dan kesejarahan. Pelajarannya, pelaku Puasa– yang telah meraih prestasi dengan melakukan pekerjaan yang mungkin paling berat yaitu mengendalikan hawa nafsu– berhak dikategorikan ‘aidin-al-faizin yang berarti mereka yang kembali ke fitrah serta membawa kemenangan. Idul Fitri perlu disertai kumandang takbir sebagai pernyataan kesadaran mengenai kebesaran-Nya serta kekerdilan-diri, kesadaran yang diteladankan oleh para penakluk Kota Mekah belasan abad lalu.

Wallahualam….@

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.