Khadafi dan Semangat Zaman


Dalam beberapa hari terakhir ini kita disuguhi tontonan dramatis: Muammar Khadafi tertangkap, konon di gorong-gorong saluran air limbah, sebelum akhirnya terbunuh dengan lumuran darah di bagian kepala. Kematiannya di disambut meriah dan ini dapat dipahamai mengingat kejahatan kemanusiaan yang dituduhkan kepada alamarhum. Bagi penulis tuduhan itu akan lebih elok jika dibuktikan dalam suatu pengadilan yang kredibel karena selain dapat memenuhi rasa keadilan yang beradab, pengadilan dapat memverifikasi berbagai jenis kejahatan kemanusiaan yang dituduhkan kepadanya, termasuk ulahnya meledakaan suatu pesawat terbang. Bagi penulis femomena Khadafi merupakan contoh ilustratif ketidakmampuan seorang tokoh publik dalam memahami zeitgeist dunia kontemporer. Tulisan ini menjelaskan “thesis” penulis ini secara singkat yang dapat diakses secara gratis dengan meng- klik:  Khadafi

One thought on “Khadafi dan Semangat Zaman

  1. 1. Kesalehan sosial menjadi hal mutlak utk seorang pemimpin, sehingga vibrasi yg timbul oleh pemimpin juga dirasakan oleh yg dipimmpinnya.

    2. Dalam akhir story pemimpin Lybia, semangat yg ditunjukkan adalah semangat balas dendam, sehingga bukan tdk mungkin akan tereproduksi kembali oleh zaman yang lain.(semoga saya salah…).

    3. Kitab suci telah menepati janjinya yaitu “hukum tabur tuai” (dng bahasa yg lain..pen).

    4. Ibro’ dari kisah ini bisa diambil oleh pemimpin yg lain, tanpa harus membayar mahal utk merasakan.

    Salam takzim

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s