Visi, Misi dan Aktivitas Hidup


Artikel ini menyajikan rumusan sederhana visi-misi-aktivitas hidup penulis. Menggunakan kerangka pikir inna lillah…, visi-misi-aktivitas hidup dirumuskan secara sederhana sebagai berikut: (1) visi: tiba dengan selamat di tempat-kepulangan dengan  penuh suka-cita dan disambut baik, (2) misi: mengetahui arah-pulang yang benar, senantiasa berada dalam jalur yang benar arahnya, serta ‘memuluskan’ perjalanan-pulang, dan (3) aktivitas: menyiapkan bekal perjalanan-pulang yang relevan serta dalam jumlah yang memadai

Bagi yang berminat mengakses artikel lengkap (edit terakhir 14/2/2010 jam 18.00) silakan klik:  VisiMisi

2 thoughts on “Visi, Misi dan Aktivitas Hidup

  1. Sejak menduduki bangku SD kita telah diberi pengertian tentang adanya surga dan neraka. Keduanya adalah wujud dari kehidupan di alam akhirat. Sebagai umat muslim tentu kehidupan yang dikehendaki adalah surga. Al-Quran dan Hadist merupakan pedoman jalan menuju surga. Surga merupakan janji Allah bagi umat Islam seperti yang telah difirmankan oleh Allah antara lain dalam QS. al-Baqarah: 25 dan QS. At-Taubah: 72. Namun demikian surga dan neraka merupakan hal yang abstrak, tergantung tingkat spiritual seseorang dalam mengimaninya. Jika mencermati perjuangan Rasul, hal yang dapat kita pelajari dan teladani selain masalah tauhid adalah masalah sosial. Aspek sosial merupakan potensi yang terdapat dalam diri manusia. Potensi dalam diri manusia banyak dibicarakan oleh Al-Quran (Quraish Shihab dalam WawasanAl-Quran) antara lain dalam QS Al-Baqarah:30-39. Dalam ayat tersebut dijelaskan bahwa sebelum kejadian Adam, Allah telah merencanakan agar manusia memikul tanggung jawab kekhalifahan di bumi. Jadi menurut kacamata saya visi misi kehidupan manusia ruanglingkupnya hanya berkisar pada Aktifitas. Aktifitas yang sesuai dengan tuntunan Al-Quran dan Hadist maka jaminannya adalah surga. Wallahualam.

  2. Visi merupakan beyond common sense. Goal Ultimate..ketika focus kita pada Ultimate goal, maka semua pencapaian yang saat ini kita peroleh menjadi sesuatu yg kecil dan menjadikan motivasi utk terus berkarya, beramal dll untuk mencapai Visi yaitu mendapatkan ridho Allah.
    Semoga visi itu terus terngiang di hati kita..Amiin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s