Pakta Primordial dan Pencarian Mistis


Sebelum diciptakan setiap manusia membuat pakta atau perjanjian primordial dengan al-Khaliq. Pacta ini tak-terelakkan dan mendorong manusia untuk melakukan pencarian mistis. Keberhasilan pencarian ini menentukan derjat manusia dari yang terndah sampai tertinggi. Upaya pencarian ini berat terutama bagi manusia kontemporer yang menjadi ‘korban’ aliran filsafat modern: manusia kontemporer mengalami dahaga tanpa mengetahui dahaga akan apa.

Bagi yang berminat mengakses artikel lengkap silakan klik: Pakta Primordial

2 thoughts on “Pakta Primordial dan Pencarian Mistis

  1. Saya sependapat dgn pak Uzair, karena pakta primordial maka setiap masyarakat cenderung melanggengkan dan meneruskan peranan sosial yang telah dibangun kepada generasi berikutnya. Perilaku sosial umat beragama –sebagai fenomena empirik yang dapat diamati–mencerminkan sistem pemahaman keagamaan yang dibangun dari sistem kebenaran perennial ajaran agama (wahyu) sebagai kebenaran tertinggi. Proses tersebut kemudian melahirkan kesadaran kolektif untuk melaksanakan dogma agama yang telah terinstitusikan, hal ini sekaligus merupakan pengendali pemikiran serta perilaku umat pemeluk suatu agama.
    Sebagian besar pemeluk suatu agama akhirnya hanya terlibat langsung terhadap kesadaran kolektifnya yang tidak bersumber asli pada ajaran. Akibatnya terjadi tumpang tindih antara ajaran agama yang perennial dengan ajaran agama sebagai hukum positif yang dipandang identik dengan ajaran agama yang abadi dan absolut. Dari sinilah agama kemudian ‘membelah’ kehidupan sosial menjadi golongan-golongan sosial, dan agama berubah menjadi ideologi; sebagai kekuatan penggerak kehidupan, sekaligus sebagai ancaman bagi kemanusiaan.

  2. Saya bersyukur membaca komentar Pak Joko kali ini karena, lebih dari sebelumnya, mencerminkan kedalamam berfikir sehingga bermanfaat bagi pembaca. Bagaimana komentar Pak Joko terhadap perspektif saya mengenai ‘masalah’ masyarakat kontemporer terkait dengan pacta primordial ini? Salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s