Yang Harus Diketahui dan Dikerjakan


Yang Harus Diketahui dan Dikerjakan

Uzair Suhaimi

uzairsuhaimi.wordpress.com

Apa yang harus diketahui? Truth (dengan T besar) atau Kebenaran Universal. Tidak ada kebenaran yang bukan merupakan bagian dari atau bersesuaian dengan Kebenaran Universal.

  • Sarana apa yang dapat digunakan untuk mengetahui Kebenaran? Hanya satu yaitu inteligensi yang –karena kesesuainnya dengan Intelek Universal- memiliki kekuatan bawaan (innate power) yang suprarasional untuk mengetahui Kebenaran Universal.
  • Karena kita aksiden dan bukan Substansi (dengan S besar) yang mencakup Semua Kemungkinan (All-Possibility) maka kebenaran kita selalu relatif, parsial dan berpotensi berjarak dengan locus Kebenaran Universal. Dosa adalah perspektif yang mengingkari jarak ontologis itu. Kebenaran Substansi bersifat mutlak dan “obyektif” dalam arti terlepas dari persepsi atau pengetahuan kita mengenainya. Inilah latar belakang perintah untuk senantiasa minta petunjuk.

Apa yang harus dikerjakan? Goodness (dengan G besar) atau Kebaikan Universal. Tidak ada kebaikan yang bukan merupakan bagian dari atau tidak sejalan dengan Kebaikan Universal.

  • Apa yang dapat mendorong kita merealisasikan Kebaikan Universal? Hanya satu yaitu kehendak (the will). Kehendak kita –sejauh murni atau terbebas dari jebakan ego- memiliki kekuatan bawaan untuk berorientasi pada Kebenaran Universal. Bagi kehendak murni, orientasi kepada Kebenaran Universal bersifat alamiah, sealamiah “kerinduan” dan upaya pepohonan untuk menghadapkan  pucuk daunnya ke arah matahari.
  • Karena kita bukan Substansi maka kebaikan kita selalu relatif, parsial dan berjarak dengan locus Kebaikan Universal. Inilah latar belakang perintah untuk banyak minta ampun.

Sufi menyeru Tuhan dengan sebutan Kebenaran (al-Haqq). Bagi mereka Tuhan lebih esensial dari Maha Benar yakni Kebenaran itu sendiri ….@

2 thoughts on “Yang Harus Diketahui dan Dikerjakan

  1. Do not stop learning as long as you still life, because no one is born smart, and not the same someone who had knowledge and the ignorant…..

    Orang tidak akan pernah jujur pada diri sendiri bila tidak memahami makna hidup yang berpihak pada kebenaran……

    Semestinya, jika kita mengaku CINTA pada Rabb al-Haqq,

    bertemulah dalam ZIKRULLAH…
    bertemulah selalu di dalam SHOLAT…
    bertemulah selalu dirumah ALLAH…
    dan berpegang teguhlah kepada AL QUR’AN dan AS SUNNAH….

    Cintailah ALLAH terlebih dahulu & AKRABLAH bersamaNYA dengan jalan-jalan ibadah yang ada…

    Apabila engkau menjagaNYA…DIA akan menjaga engkau nanti….
    Cinta menuntut pengorbanan…kalo cinta ALLAH…maka berkorbanlah dengan harta & jiwamu…sebagai tanda bukti tulusnya cintamu…..

    Sesungguh Truth (dengan T besar) atau Kebenaran Universal yang harus diketahui itu ada 3, dan yang selain itu hanya kelebihan saja (Ilmu Bantu), adapun ketiga ilmu itu adalah :

    1. Ayat yang menghukumi, yakni AL-QUR’AN
    2. Sunnah yang tegak, yakni AL-HADITS,
    3. Ilmu Faro’idh (tata cara membagi harta pusaka/waris) yang adil”

    (Hadist Abi Daud, No. Hadist:2499)

    Mudah2an kita bisa sampai kepada Kebenaran Universal. Aamiin…..

    1. Dear Santi,
      TK Komentarnya: mudah2an memperkaya wawasan pembaca.
      Saya setuju kita harus belajar terus. Belajar apa? Belajar mengetuk pintu Tuhan. Rumi konon mengeluh menghabiskan waktu sia-sia karena giat mencari sesuatu atau belajar berbagai macam ilmu di luar, sebelum akhirnya menyadari pintu tertutup dari dalam. Jadi hemat saya, yang perlu adalah belajar dan berlatih (riyadah) untuk mengetuk pintu Tuhan agar mengizinkan kita memasuki “rumah”-Nya, sumber dari segala sumber ilmu. Bagi saya inilah makna Salat, atau lebih tepat, dzikir_tanpa_jeda. Setuju? Salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s