Bangsa Arab: Ancaman dan Tokoh Populer


Jika Bangsa Arab ditanya negara mana yang paling mengancam, maka jawabannya adalah Israil. Dalam hal ini “paling mengancam” diukur dengan proporsi responden yang menyatakannya. Jika mereka ditanya siapa di antara tiga tokoh ini– Trump, Putin dan Endrogan– yang paling populer, maka jawabannya adalah Endrogan. Dalam hal ini popularitas di sini diukur dengan proporsi responden yang memberikan pencitraan positif: semakin tinggi proporsi, semakin populer.

Demikianlah sebagian hasil survei opini  yang diselenggarakan oleh Arab Barometer, Gelombang ke-5 ( 2018-2019).

Dalam survei ini istilah Bangsa Arab mengacu pada bangsa-bangsa yang mendiami kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara– dikenal dengan istilah MENA, singkatan dari Middle East and North Africa— dan secara historis-budaya dianggap arab. Dengan definisi ini maka Iran tidak termasuk di dalamnya, demikian juga dengan Israil. Survei ini mencakup 11 negara: Sudan, Yordania, Palestina, Maroko, Tunisia, Yaman, Irak, Lebanon, Libya dan Mesir.

Kredibilitas Metodologi

Survei ini mencakup sampel 25,407 responden (berumur (18+) yang diwawancarai langsung (face-to-face) di rumah masing-masing. Alokasi per negara sampel sama yang sekitar 2,400 responden. Margin kesalahan ditetapkan plus-minus 3%.

Dilihat dari metodologinya, survei ini kredibel. Diksi ini didasarkan bacaan kritis dan menyeluruh mengenai metodologi survei ini dalam semua aspeknya: penetapan responden, kerangka sampel, strategi sampling, organisasi lapangan, metode pengumpulan data, mekanisme penjaminan kualitas hasil, dan kerja lapangan. Sebagai ilustrasi, pemilihan sampel rumah tangga dan individu dilakukan atas dasar nilai probabilitas yang dapat dihitung (calculable probability), sesuatu kriteria untuk menarik kesimpulan.

Dalam survei ini, ada lima negara pilihan untuk dipilih sebagai pemberi ancaman terbesar: Israil, Amerika Serikat, Arab Saudi, Iran dan “tidak ada” (kategori residual).

Hasil Survei

Negara Ancaman

Persepsi bahwa Israil adalah ancaman terbesar terlihat pada Gambar 1. Pada gambar itu responden yang yang mengatakan negara itu merupakan ancaman paling besar, proporsinya paling tinggi. Dalam hal ini Yaman dan Irak merupakan kekecualian. Bagi kedua negara ini ancaman terbesar adalah Iran.

Maroko dan Aljazair juga merupakan kekecualian tetapi dalam arti yang berbeda. Di kedua negara ini proporsi untuk “tidak ada negara” paling besar, lebih besar dari pada proporsi untuk Israil.

Gambar 1: Persepsi Responden mengenai Negara Ancaman

Popularitas Tokoh

Bagaimana dengan tokoh populer dalam arti memperoleh penciptaan positif? Gambar 2 menyajikan gambaran visual mengenai jawabannya. Pada gambar itu tampak Endorgan (Presiden Turki) dipersepsikan sebagai paling populer. Dalam hal ini ada beberapa kecualian:

    • Bagi Irak, Putin sama populernya dengan Endrogan.
    • Bagi Lebanon, Libya dan Mesir, Putin lebih populer dari Endrogan.

Gambar 2: Popularitas Trump, Putin dan Endrogan

Gambar 2 juga secara jelas menempatkan Trump sebagai tokoh paling tidak populer. Ini berlaku di semua negara sampel. Satu-satunya kekecualian adalah Mesir di mana Trump sama populer dengan Edrogran, itu pun proporsinya hanya belasan pesen.

*****

Demikianlah sebagian hasil survei opini Arab Baromter. Survei ini sebenarnya menanyakan isu lain termasuk tingkat religiositas (yang ternyata turun drastis), isu gender, masalah homoseksual dan “kematian terhormat”. Hasil survei ini layak dibaca oleh mereka yang tertarik untuk memahami aspirasi dan pandangan masyarakat luas Bangsa Arab; layak karena berbasis populasi dan ilmiah, bukan sekadar mengandalkan spekulasi di atas meja yang rawan tercemar pandangan subyektif.

Wallahualam….@

.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.